Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KPU Pohuwato Segera Rampungkan Verifikasi Dokumen Perbaikan dari Tiga Bapaslon

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato akan segera merampungkan verifikasi administrasi (vermin) dokumen perbaikan dari tiga Bakal pasangan calon (Bapaslon), yang maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pohuwato 9 Desember 2020 mendatang.

Proses vermin perbaikan dilaksanakan oleh Tim Verifikator di Aula KPU sejak diterimakan BA1KWK perbaikan, beserta tanda terima penyerahan perbaikan yang sesuai jadwal akan berakhir pada 4 Agustus nanti.

“Proses Vermin akan dilakukan oleh Tim verifikator dengan berpedoman pada PKPU 18 tahun 2019 pasal 17A dan pasal 18. Di mana, pada proses vermin ini, verifikator memastikan kesesuaian dan keabsahan dokumen sesuai dengan prosedur, sebagaimana diatur dalam peraturan yang berlaku. Meliputi pemeriksaan kesesuaian NIK, nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, dan kesesuaian alamat pendukung pada Formulir B.1-KWK perseorangan dengan fotocopy KTP Elektronik atau surat keterangan dari Dukcapil,” kata Rinto W. Ali, Ketua KPU Kabupaten Pohuwato.

Rinto mengatakan, hal itu sesuai keputusan nomor 82/PL.02.2-Kpt/06/KPU/II/2020 tentang Pedoman Teknis Penyerahan Dukungan dan Verifikasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

Senada dengan Rinto, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pohuwato, Iskandar Alulu mengatakan, bahwa proses vermin sudah seratus persen rampung. Katanya Tim Pokja akan melanjutkan ke proses pengecekan kegandaan dokumen dukungan perbaikan dan DP4.

“Jadwal verifikasi administrasi dukungan perbaikan dilakukan pada 27 Juli hingga 4 Agustus 2020. Alhamdulillah vermin sudah seratus persen rampung, lanjut kegandaan dan DP4. Target kita hari ini selesai” ungkap Iskandar.

Kata Iskandar juga, sejauh ini pihaknya tidak ada kendala dalam proses verifikasi yang dilakukan. Hanya saja, pihaknya saat ini tengah berpacu dengan waktu karena jumlah petugas KPU terbatas.

“Alhamdulillah, kendala sih tidak ada. Yang ada waktu kita berdempetan dengan kegiatan lain. Sehingga kita berpacu dengan waktu. Artinya dalam satu waktu, sebanyak tiga tahap sekali jalan, sementara anggota dan petugas kita terbatas,” tutur Iskandar.

Menurutnya juga, proses verifikasi dokumen dipantau langsung oleh ketua KPU Pohuwato beserta Bawaslu Pohuwato.