Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KPU Pohuwato: Ada 3 Balon yang Positif COVID-19

Dulohupa.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato,Rinto W. Ali, membenarkan adanya tiga bakal calon (balon) yang maju dalam Pilkada Pohuwato, yang terkonfirmasi positif COVID-19.

“Kabar terkait ada tiga bakal calon yang positif di Pohuwato memang benar,” ujar Rinto kepada wartawan, sore tadi, Senin (7/9).

Menurut Rinto, meskipun tiga balon yang terkonfirmasi tersebut positif, namun tidak akan menggugurkan hak mereka di pencalonan Pilkada Pohuwato tahun 2020.

“Jadi walaupun ada balon yang positif, ini tidak akan menggugurkan hak pencalonannya. Jadi nantinya, akan dijadwalkan kembali untuk pemeriksan kesehatan bagi balon yang positif tersebut setelah masa isolasi selesai dilaksanakan,” kata Rinto melalui sambungan telpon, Senin (7/9/2020).

Rinto juga menuturkan, soal pemeriksaan kesehatan bagi balon yang positif tersebut akan dijadwalkan kembali, tidak mengikuti jadwal yang sesuai dalam tahapan pemeriksaan kesehatan, yakni tanggal 7-11 September.

“Nanti akan kita jadwalkan kembali, ini juga sesuai dengan PKPU 10 tahun 2020, bahwa jika terdapat atau didapati bakal calon yang terkonfirmasi positif COVID-19, akan dilakukan penjadwalan ulang terkait pemeriksaan kesehatan tersebut,” jelas Rinto.

Namun sayangnya, Rinto tak menyebutkan siapa saja balon yang terkonfirmasi terpapar COVID-19 tersebut.

Reporter: Zulkifli Mangkau
Editor  : Wawan Akuba