Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KPU Bone Bolango Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Verifikai, Ini Hasilnya

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango, melaksanakan rapat pleno terbuka di Restoran Meranti Tilong Kabila, Bone Bolaango, Jum’at (21/8). Rapat pleno itu membahas rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan jumlah dukungan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Pada pleno tersebut, menghasilkan penentuan bapaslon Mohamad Kilat Wartabone – Syamsir Djafar Kiyai (KISYAH) dan Ismet Mile – Sukandi Talani (MILITAN) dapat mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada 2020.

Sebelumnya, masing-masing bapaslon yang dinyatakan belum memenuhi syarat pada rapat pleno terbuka yang digelar pada Kamis (20/7) kemarin. Dan hari ini akhirnya dinyatakan memenuhi syarat setelah memasukkan dukungan perbaikan yang selanjutnya di Verifikasi Faktual oleh PPS.

KISYAH yang awalnya mendapatkan 10.794 dukungan, menjadi 12.131 dukungan yang tersebar di 16 kecamatan setelah ditambahkan dengan jumlah hasil Rekapitulasi dukungan perbaikan sebanyak 1.337 dukungan. Sedangkan MILITAN, awalnya mendapatkan 9.284 dukungan menjadi 12.328 dukungan yang tersebar di 17 kecamatan, setelah ditambahkan dengan jumlah hasil rekapitulasi dukungan perbaikan sebanyak 3.044 dukungan.

Ketua KPU Bone Bolango, Adnan A. Berahim mengungkapkan, dengan perolehan jumlah dukungan tersebut, artinya kedua bapaslon tersebut dapat mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada 2020.

“Secara ketentuan perundang-undangan, kedua bapaslon berhak mendaftarkan diri sebagai calon bupati dan wakil bupati pada tanggal 4 – 6 September nanti,” ungkapnya singkat.

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua dan Anggota KPU Provinsi Gorontalo, Ketua dan Anggota Bawaslu Bone Bolango dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bonebol. **(Erik)