Scroll Untuk Lanjut Membaca
CEK FAKTAHEADLINEINTERNASIONALNASIONAL

[Klarifikasi] 100 Anak Korban Perang Gaza Diselamatkan ke Hotel Indonesia

32
×

[Klarifikasi] 100 Anak Korban Perang Gaza Diselamatkan ke Hotel Indonesia

Sebarkan artikel ini
Korban Perang Gaza
Tangkapan postingan beredar di media sosial Instagram menarasikan 100 Anak Korban Perang Gaza Diselamatkan ke Hotel Indonesia.

Jakarta – Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim ada 100 orang anak yatim korban perang Gaza telah diselamatkan ke hotel di Indonesia. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 25 Juni 2024.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 1 menit 4 detik menggambarkan sejumlah anak sedang sarapan di sebuah restoran. Video itu disertai narasi:

“Alhamdulillah, lebih kurang 100 orang lebih anak yatim korban perang Gaza telah tiba di Indonesia.Mereka telah diselamatkan ke Indonesia berkat kerjasama dgn kedutaan Indonesia di perbatasan Palestina, Mesir, Yordania. Alhamdulillah, masing² mrk akan punya ayah angkat dan ibu angkat di negara ini. Sesampainya di bandara, mrk langsung dibawa menginap di hotel bintang 4 selama 3 hari utk menghibur dan menghilangkan trauma mrk. Alhamdulillah mudah²an mrk bisa jd orang sukses di Indonesia dan berbakti kpd orang tua angkat mrk. Aamiin² ya Robbal ‘aalamiin.”

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim ada 100 orang anak yatim korban perang Gaza telah diselamatkan ke hotel di Indonesia?

Hasil Penelusuran

Koalisi Cek Fakta dari Liputan6.com menelusuri dan menemukan video yang identik dengan postingan. Video itu diunggah akun @kristinawatihidajat di akun Instagramnya, 25 Juni 2024.

Presiden Golden Future Indonesia itu membantah video yang beredar merupakan peristiwa di sebuah hotel di Indonesia. Dia menjelaskan bahwa peristiwa tersebut berada di kamp pengungsi Palestina Irbid.