Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Ketua KPU Pohuwato Mengimbau PPS Bekerja Secara Efektif

Dulohupa.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali, mengimbau kepada setiap petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS), agar bekerja secara efektif dan terukur pada saat proses tahapan verifikasi faktual dukungan perbaikan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) perseorangan, yang maju untuk Pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang.

Menurutnya, waktu yang tersedia dalam hal melakukan proses tahapan verifikasi faktual perbaikan dukungan Bapaslon, hanya tujuh hari. Maka dari itu, perlu kinerja yang efektif dari setiap PPS untuk melaksanakan tugasnya.

“Waktu yang tersedia saat tahapan verifikasi faktual dukungan perbaikan ini hanya tujuh hari, dari tanggal 10 hingga 16 Agustus 2020. Makanya, kami berpesan kepada setiap PPS untuk mengedepankan prinsip efektivitas dalam bekerja saat melakukan verifikasi faktual di lapangan,” kata Rinto W. Ali, Selasa (11/8/2020).

Rinto juga mengatakan, selama melakukan proses verifikasi faktual, semua petugas PPS yang bekerja di lapangan agar melakukan langkah-langkah yang terukur. “Sehingga kita (KPU) dapat melihat dan mengukur sejauh mana perkembangan dari tahapan verifikasi faktual dukungan perbaikan Bapaslon setiap harinya”.

Lanjutnya, bahwa dalam tahap verifikasi faktual perbaikan ini, ada sebanyak 15.628 data dukungan perbaikan sementara yang akan diverifikasi oleh setiap PPS.

“Dan setelah dimulainya proses verifikasi, sampai dengan saat ini, per tanggal 11 Agustus 2020, kemajuan verifikasi faktual perbaikan dukungan Bapaslon perseorangan sudah mencapai 19 persen,” ujarnya.

Rinto juga berharap, agar setiap petugas yang bekerja selama proses tahapan verifikasi faktual perbaikan ini agar selalu berkoordinasi, baik antara PPS dan PPK, juga dengan tim penghubung dari masing-masing Bapaslon.

“Bilamana di wilayah kerja PPS tidak terdapat tim penghubung yang dapat dihubungi, segera melapor ke PPK atau tim penghubung tingkat kecamatan melalui nomor seluler yang telah disampaikan sebelumnya oleh KPU Kabupaten Pohuwato,” tutup Rinto. **(Zul)