Untuk Indonesia

Kampanye Pangan Sehat di Pohuwato Semakin Gencar

Dulohupa.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato mulai berkomitmen mengampanyekan pangan sehat. Salah satu dengan gencar melakukan pengawasan penjualan makanan dan bahan makanan di pasaran yang mengandung zat-zat kimia yang berbahaya.

“Kami selalu melakukan pengawasan terhadap penggunaan zat-zat terlarang yang dijual bebas di pasaran di Pohuwato,” ujar Kadis Pangan Pohuwato, Refli Basir, Rabu (3/2).

Kata dia, pihaknya akan mengawasi penggunaan zat-zat terlarang yang digunakan oleh para pelaku usaha pangan segar asal tumbuhan (pesat) yang menjadi sasaran pengawasan oleh dinas pangan. Apalagi kata dia, pelaku usaha pesat ini yang selalu dekat dengan konsumsi pangan di masyarakat.

“Pengawasan itu kami lakukan ke pelaku usaha pesat yang bergerak di penjualan seperti buah-buahan, sayuran-sayuran, yang dijual bebas dipasaran dan lapak-lapak,” ujarnya.

Refli menuturkan, pihaknya akan melakukan uji labortorium terhadap pelaku usaha pesat, dan jika kedapatan akan diberikan sanksi, karena tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan.

“Kami akan menguji, apakah dia menggunakan boraks atau menggunakan zat-zat pestisida yang melampui batas atau standar maksimal yang diatur dalam peraturan perundang-undangan,” jelas Refli.

Meski begitu kata Refli, selama ini pihaknya belum menemukan para penjual atau pelaku usaha di Pohuwato yang kedapatan menggunakan zat-zat terlarang.

“Kita lakukan terus pemantauan. Dan alhamdulillah saat ini di Pohuwato belum ditemukan pemakaian zat-zat terlarang tersebut,”

Saat ini juga, pihaknya tidak sendirian melakukan pengawasan tersebut. Mereka bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Gorontalo.

Reporter: Zulkifli Mangkau

Comments are closed.