Untuk Indonesia

Kades di Pohuwato Didorong Manfaatkan Potensi Desa untuk Datangkan PADes

Dulohupa.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Pohuwato, terus mendorong Pemerintah desa yang ada di Pohuwato untuk memanfaatkan potensi Desanya. Tujuannya, Agar kedepan desa lebih mandiri dan menhasilkan PADes (Pendapatan Asli Desa) yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan di desa.

“Potensi desa yang ada di Pohuwato sangat banyak. Cuma masih minim pemanfaatannya oleh desa padahal itu berpeluang mendatangkan PADes bagi desa itu sendiri.” ujar Sekretaris PMD Pohuwato, Alfred Anwar, kepada Dulohupa.id, Belum lama ini.

Alfred mengatakan, Potensi desa semisal di bidang pertanian hingga perikanan, harusnya bisa bermanfaat untuk desa itu sendiri. Olehnya, Kreatifitas pemerintah desa sangat perlu untuk dikembangkan.

Apalagi menurut Alfred, secara geografis wilayah Pohuwato mempunyai banyak potensi alam dan merata di semua desa.

Baca Juga:  Pemda Pohuwato Gencar Sosialisasi Vaksin ke Masyarakat

“Kita bisa lihat, bagian atas kita kaya akan dengan sumber daya alam seperti emas dan bagian bawah kita kaya akan hasil laut dan surga bawah lautnya. Nah, ini, bisa menjadi peluang jika terkelola dengan baik menggunakan dana Bumdes yang ada di desa,” tuturnya.

Sayangnya menurut Alfred, Hingga saat ini dana Bumdes di Pohuwato belum termanfaatkan dengan baik, agar bisa menunjang PADes bagi desa itu sendiri.

“Desa-desa di luar Pohuwato bahkan di pulau Jawa sana sudah bisa menghasilkan PADes dari dana desa, nah, ini yang mau kita kejar dan mulai fokuskan di Pohuwato,” Jelas Alfred lagi.

Untuk itu, selain fokus menggali potensi desa. Kedepan Pemerintah akan melakukan inovasi terkait pengelolaan dana desa melalui bumdes yang ada di setiap desa di Pohuwato.

Baca Juga:  Waspada! Cuaca Buruk Mengintai, Nelayan Diminta Tak Melaut

“Memang belum maksimal penggunaan Bumdes di setiap desa, bahkan ada desa yang sudah tidak aktif lagi BUMDes nya. Ini akan kita perbaiki, baik dari pencalonan direktur Bumdes, bisnis plan, dan peluang untuk menghasilkan PADes bagi desa. Itu fokus kami sekarang,” Imbuhnya dalam wawancara.

Comments are closed.