Ini Pelanggaran yang jadi Target Operasi Zebra di Gorontalo mulai 3 Oktober

oleh -58 Dilihat
Operasi Zebra Gorontalo
Suasana pengaturan lalu lintas di Bundaran simpang lima Kota Gorontalo. (Dok: Humas Polda Gorontalo)

Dulohupa.id – Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo kembali menggelar Operasi Zebra Otanaha yang akan dimulai 03 sampai 16 Oktober 2022.

Dirlantas Polda Gorontalo Kombes Pol Arief Budiman menjelaskan, sasaran pelanggaran yang menjadi target operasi Zebra yakni pengendara roda dua dan roda empat yang menggunakan Ponsel saat berkendara, tidak memiliki SIM, pengendara di bawah umur, tidak menggunakan helm, tidak memakai safetybell, melawan arus, melebihi batas kecepatan kendaraan, serta pengendara dalam kondisi mabuk atau terpengaruh alkohol.

Polisi lalu lintas juga akan mengedepankan sarana Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Statis (CCTV) maupun mobile. Dalam ETLE Mobile atau tilang Elektronik berbasis ponsel, yakni metode baru penerapan disiplin berlalu lintas dengan menggunakan bukti foto kamera handphone oleh petugas kepolisian.

Pelanggaran lalu lintas yang dapat direkam ETLE Mobile pun sama seperti ETLE biasa. Antara lain pelanggaran batas kecepatan maksimal, menggunakan ponsel ketika berkendara, pengendara motor tidak mengenakan helm, pengemudi yang tidak memasang sabuk pengaman, hingga angkutan barang over dimension over loading (ODOL).

“Sarana ETLE juga sebagai penindakan secara statis maupun mobile,” Ucap Arief.

Kombes Ariefe mengatakan Operasi Zebra Otanaha 2022 bertujuan untuk menurunkan tingkat pelanggaran dan kecelakaan di jalan raya.

“Operasi yang akan kita laksanakan ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin dalam berlalu lintas sehingga dapat tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran di jalan yang diharapkan bisa mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

Dulohupa/HumasPolda