Scroll Untuk Lanjut Membaca
GORONTALOPemilu 2024

Hari terakhir Pleno, KPU Provinsi Gorontalo Tetapkan Hasil Rekapitulasi Suara

229
×

Hari terakhir Pleno, KPU Provinsi Gorontalo Tetapkan Hasil Rekapitulasi Suara

Sebarkan artikel ini
KPU Rekapitulasi
Penetapan Hasil Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi oleh KPU Provinsi Gorontalo. Foto/yayan

Dulohupa.id – Pada hari terakhir rapat pleno, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menetapkan hasil rekapitulasi perhitungan perolehan suara, di Aula Kantor KPU, Senin (04/03/2024) sore.

“Jadi hari ini adalah hari terakhir kami melakukan rekapitulasi. Setelah kita melakukan pencermatan, kemudian menetapkan hasil rekapitulasi, baik untuk presiden, DPR-RI, DPD-RI, dan DPRD Provinsi,” ujar Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem kepada awak media.

Kata Fadliyanto, selanjutnya dilakukan penandatanganan berita acara oleh para saksi, KPU dan Bawaslu, dan kemudian rapat pleno akan ditutup.

Sampai pada tahap hasil penetapan, dirinya mengungkapkan bahwa ada beberapa pihak yang mengajukan keberatan, namun sesuai dengan ketentuan yang berlaku bahwa poin keberatan tersebut tidak menghalangi dari proses penetapan hasil rekapitulasi.

“Jadi penyampaian keberatan itu adalah ruang demokrasi yang memang disediakan secara regulatif kepada peserta Pemilu ketika ada hal-hal yang dianggap tidak berkesesuaian,” pungkasnya.

Nantinya setelah proses rekapitulasi selesai, KPU Provinsi akan berkoordinasi dengan pihak KPU-RI untuk kemudian melakukan proses rekapitulasi tingkat nasional.

“Iya kita akan menyampaikan ke KPU-RI untuk persiapan rekap nasional, untuk tiga lembaga yaitu Presiden dan Wakil Presiden, DPR-RI, maupun DPD-RI,” tutupnya.

Reporter: Yayan