Untuk Indonesia

Gelar Pembahasan Tanah Batas Kawasan Hutan, Nelson : Program Tora Harus Berjalan Baik

Dulohupa.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo mengelar pembahasan penguasaan tanah batas kawasan hutan, untuk penyelesaian Tanah Objek Reforma Agraria (TORA). Pelaksanaan itu digelar di ruang rapat kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo, Selasa (29/6).

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, program tora sangatlah penting bagi pemerintah daerah dan terutama untuk kepentingan rakyat, maka harus dijalankan dengan baik.

“Dilihat juga masih banyak lahan yang dikuasai oleh rakyat belum terlegitimasi dengan baik, maka itu yang harus kita lakukan kedepannya nanti,” ujar Nelson ditemui usai kegiatan.

Lebih lanjut kata Nelson, melalui program tersebut masa depan rakyat akan lebih baik. Lahan mereka bisa terlegitimasi, sehingga bisa meningkatkan produktifitas dan pendapatan mereka, apalagi sekarang masih di era pandemi Covid-19.

“Tora ini sangat bagus, dan ini juga salah satu trobosan pemerintah dalam mengatasi kemiskinan di Kabupaten Gorontalo,” tandas Nelson.

Sementara itu Andi Setiawan selaku perwakilan Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XV Gorontalo mengatakan, pihaknya telah melakukan pengukuran dan pengesahan tapal batas yang berada di wilayah tersebut.

“Rapat ini, kita membahas hasil pengukuran tapal batas yang dihadiri pimpinan OPD dan pihak terkait lainnya dan luas lahan yang telah diukur sekitar 2000 hektare. Ini juga menjadi acuan badan pertanahan dalam melakukan verifikasi selanjutnya,” ujar Andi.

Setelah itu, hasil pengukuran tapal batas akan disahkan, dalam bentuk dokumen yang akan diserahkan kepada kementerian pusat terkait.

“Hal itu dilakukan untuk mendapatkan surat keputusan (SK) atas perubahan batas pelepasan kawasan hutan yang ada di wilayah,” tutup Andi. (Fandiyanto Pou)

Comments are closed.