Scroll Untuk Lanjut Membaca
NASIONAL

Fory Tinjau Kegiatan Pembinaan Kelompok Wanita Tani

66
×

Fory Tinjau Kegiatan Pembinaan Kelompok Wanita Tani

Sebarkan artikel ini

Dulohupa.id – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway, pada Sabtu (12-10-2019) meninjau langsung kegiatan pembinaan kepada kelompok wanita tani yang bertemakan Konsep Rumah Pangan Lestari (KRPL), dasa wisma Dusun Toludu Desa Botumoputi Kecamatan Tibawa. 

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gorontalo dalam rangka optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan penyediaan pangan bagi keluarga.

Sebelumnya, kelompok KRPL ini sudah menerima bantuan benih dalam bentuk penyaluran dana ke rekining masingmasing kelompok penerima.

Untuk kecamatan tibawa sendiri ada sembilan kelompok dan masing -masing beroleh 50 juta.

Saat diwawancarai Dr. Fory Naway bantuan ini akan terus digelontorkan dengan penamabahan benih yang kerja samakan dengan Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo.

Dirinya juga kedepan akan menyediakan polibeck. Hal ini kata Fory Naway dalam rangka pemanfaatan lahan pekarangan. Istri orang nomor satu di Kabupaten Horontalo juga mengHoronta kedepan pemanfataan lahan pekarangan itu akan dilombakan. Fory berharap kegiatan KRPL ini, melibatkan masyarakat aktif, salah satunya kelompok wanita tani, dimana bagi pelaku anggota kelompok wanita, kegiatan ini dapat memberikan sumbangan pangan untuk dikonsumsi keluarga, penghematan pengeluaran keluarga dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi sehari-hari, dan bagi lingkungan kawasan, kegiatan ini dapat membuat suasana asri dan lingkungan lebih nyaman. “Di sisi lain diharapkan supaya tidak ada kawasan kosong atau lahan tidur yang tidak tertanam apapun. Sehingga model kawasan ini dibutuhkan kesadaran serta kerjasama yang kreatif dan kritis antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan bagi keluarga,” ungkapnya seraya menambahkan selain ditanami tanaman holtikultura, kawasan pangan lestari juga diharapkan dapat ditunjang dengan tanaman obat-obatan atau apotik hidup. (GSH)