Untuk Indonesia

DPS Pilkada Pohuwato 2020 Naik 2,5 Persen Dari 2019

Dulohupa.id – Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pohuwato tahun 2020, mengalami kenaikan dibandingkan dengan DPS 2019.

Dalam rapat pleno rekapitulasi hasil pemuktahiran daftar pemilih dan DPS yang digelar pada Senin (14/9), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato menetapkan, DPS Pilkada serentak Kabupaten Pohuwato berjumlah 102.540 pemilih.

Firman Ikhwan, selaku Divisi Program Data dan Informasi KPU Kabupaten Pohuwato mengungkapkan, kenaikan tersebut dipengaruhi adanya pemilih pemula yang berusia 17 tahun pada saat hari pemilihan tanggal 9 Desember mendatang.

Baca Juga:  Ketok Kepala Bocah Pakai Sadel Sepeda, Seorang IRT di Limboto Dipolisikan

“Ya, memang benar ada kenaikan di tahun 2020. Kenaikannya sekitar 2.5 persen dari tahun 2019 kemarin,” kata Firman

Katanya lagi, bahwa semua DPS yang telah ditetapkan ini, tersebar di 305 TPS yang ada di 13 kecamatan di 104 desa/kelurahan.

“DPS yang ditetapkan itu terdiri dari 51.724 rincian pemilih laki-laki dan 50.816 rincian pemilih perempuan,” jelasnya.

Meski begitu, jika ada saran terkait perubahan data yang tidak sesuai, ia mempersilakan menghubungi petugas PPS atau PPK.

Baca Juga:  Ketok Kepala Bocah Pakai Sadel Sepeda, Seorang IRT di Limboto Dipolisikan

“Atau bisa juga melalui laman https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/, atau lewat aplikasi Android Cek HP-mu,” tambahnya.

Namun kata Firman, barang siapa yang ingin memperbaiki, harap melengkapi identitas diri dengan perbaikan data yang ingin disampaikan. Karena masih ada lagi tahapan penetapan daftar pemilih tetap pada Pilkada Pohuwato 9 Desember mendatang.

Reporter: Zulkifli Mangkau
Editor  : Wawan Akuba

 

Comments are closed.