Dikes Provinsi Gorontalo Siapkan Ruang Khusus untuk Vaksin Sinovac

Dulohupa.id– Jelang kedatangan 9760 Vaksin Sinovac (Vaksin Covid-19). Pemerintah Provinsi Gorontalo, Melalui Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo telah menyiapkan ruang khusus penyimpanan vaksin.

Ribuan Vaksin yang di datangkan langsung oleh Kementerian Kesehatan RI itu, rencananya akan di simpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Ruang khusus penyimpanan vaksin itu berkapasitas 200 ribu vaksin.

Sinovac
Petugas kesehatan tengah mengecek kesiapan ruang penyimpanan Vaksin Sinovac (Vaksin Covid-19,red), yang akan segera tiba di Gorontalo. (F. Afrianto/ Dulohupa.id)

“Sebelumnya kita sudah turun lapangan (Survey,red) lokasi penyimpanan yang layak di gunakan untuk menyimpan vaksin. Pada umumnya kita sudah siap untuk menerima kedatangan vaksin ke Gorontalo,” Ujar Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo, Dr Yana Yanti Suleman.

Dr Yana menungkapkan, ruang penyimpanan vaksin itu telah memenuhi syarat untuk di jadikan tempat menyimpan vaksin. Karena sebelumnya, memang ada standard khusus untuk ruangan penyimpanan vaksin.

“Instalasi Farmasi Dikes Provinsi itu memiliki Cool Room, Persayaratannya harus memenuhi suhu 2-8 derajat celcius. Itu untuk menjamin keamanan vaksin,” tambahnya.

Namun demikian menurut Yana, tidak menutup kemungkinan Vaksin akan di simpan di instalasi farmasi Kabupaten/kota.

Sebelumnya, Provinsi Gorontalo di pastikan akan menerima distribusi 9760 Vaksin Covid-19. Vaksin bernama Vaksin Sinovac ini menjadi salah satu upaya pemerintah pusat menekan penyebaran Covid-19.

 

Reporter: Afrianto