Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Bukan Gerakan Politik, Young Volunteer Murni Gerakan Edukasi COVID-19

Dulohupa.id – Meski dibentuk di tengah perhelatan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, namun dipastikan, gerakan Young Volunteer murni gerakan pemuda untuk mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Hal itu ditegaskan Fauzan Azim, koordinator Young Volunteer yang baru saja diluncurkan pagi tadi, di wisata Kelapa Dua Pohon Cinta Marisa, Kabupaten Pohuwato pagi tadi, Sabtu (11/10).

“Di Young Volunteer ini bukan hanya satu pemuda saja, tapi gabungan dari semua unsur pemuda. ada yang dari organisasi ekstra mahasiswa, karang taruna, dan unsur pemuda lainnya tergabung di sini, dan memilih menjadi relawan untuk menyosialisasikan pencegahan COVID-19,” ujar Fauzan Azim, koordinator gerakan tersebut kepada Dulohupa.id.

Fauzan Azim (kanan) selaku koordinator Young volunteer bersama anggota Young volunteer lainnya Fikran Onto (kiri).

Menurutnya, unsur kepemudaan merupakan satu hal yang penting untuk mengambil bagian dalam pencegahan virus berbahaya tersebut, yang selama ini masih terus menghantui seluruh elemen masyarakat di Pohuwato khususnya.

“Edukasi yang kami lakukan ialah mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, tetap memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan,” ujarnya.

Fauzan melanjutkan, apalagi sekarang ini Kabupaten Pohuwato sedang menjalani tahapan Pilkada, dan tentu akan berpotensi mengumpulkan masa yang banyak, dan pasti ada masyarakat yang lalai tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Makanya untuk menghindari kerumunan di masa pilkada juga, masyarakat mulai kami edukasi dengan gerakan edukasi dari Young Volunteer ini, yang sudah tersebar di masing-masing kecamatan yang ada di Pohuwato,” lanjut Fauzan.

Harapan Fauzan, dengan gerakan ini, Pohuwato dapat menekan angka penyebaran COVID-19.

“Harapan kami daerah Pohuwato bisa mengendalikan angka penyebaran COVID-19, meskipun kita tahu, virus ini belum kita tahu kapan akan berakhir. tapi, semoga saja melalui gerakan edukasi yang digalakkan kawan-kawan Young Volunteer, dapat membantu pemerintah daerah menangani coronavirus 2019 di Pohuwato, ” tutupnya.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Zulkifli Mangkau