Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Boalemo Jadi Satu-Satunya Kabupaten di Gorontalo yang Berstatus Zona Hijau

Dulohupa.id-  Kabupaten Boalemo menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi Gorontalo yang berhasil keluar dari zona penyebaran COVID-19. Dari data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Boalemo per 10 November 2020, berstatus zona hijau penyebaran COVID-19.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Gorontalo, Triyanto Bialangi usai konferensi Pers bersama Gubernur Gorontalo, di Rumah Jabatan Gubernur, Selasa (10/11).

“Hasil dari data kemarin sampai hari ini, Provinsi Gorontalo memasuki kasus kesembuhan yang sangat tinggi, itu dari satu kota lima kabupaten. Tinggal satu yang orange yaitu kabupaten Gorontalo, empat yang kuning yaitu Kabupaten Bone Bolango, Gorut, Pohuwato, dan Kota Gorontalo. Dan satu kabupaten sudah hijau, yaitu Kabupaten Boalemo,” ujar Triyanto.

Meski berstatus zona hijau, namun Sekretaris Deaerah Boalemo, Sherman Moridu mengimbau kepada masyarakat, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak, menggunakan masker, dan razin mencuci tangan dengan sabun.

“Meski Boalemo masuk zona hijau, kami berharap masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan, selalu gunakan masker, tetap menjaga jarak dalam setiap beraktivitas,” kata Sherman Moridu.

Keberhasilan itu kata Sherman, adalah karena program Bupati Boalemo, Darwis Moridu terkait penekanan kasus COVID-19. Secara rinci ia menyebuktan yaitu, pembagian masker dan hand sanitizer secara gratis langsung ke pasar-pasar tradisional, termasuk terus memberikan sosialisasi yang bekerjasama dengan semua unsur terkait seperti TNI-Polri.

Hingga saat ini Provinsi Gorontalo masuk sebagai daerah dengan persentase kasus Covid-19 terendah se-Indonesia. Hal tersebut tentu tak lepas dari peran Pemerintah daerah.

“Pemerintah tidak mungkin sampai pada tahapan ini, jika tidak ada kerja sama yang baik antara masyarakat, TNI-Polri dengan pemerintah,” kata Sherman Moridu.

Untuk itu, pihaknya mengimbau dan berharap agar masyarakat tetap waspada, patuhi protokol kesehatan dan jangan lengah dengan keadaan.

Reporter: Sutri