Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Begini Cara Guru SMK di Kabupaten Gorontalo Atasi Kendala Belajar Daring

Dulohupa.id – Tidak bisa dipungkiri jika perubahan paling besar juga terjadi dalam sektor pendidikan di tengah pandemi COVID-19.

Proses pembelajaran yang mestinya dilakukand di sekolah, kini tidak bisa lagi. Gantinya, pembelajaran daring (dalam jaringan) dilakukan. Akibatnya, keterbatasan fasilitas berupa perangkat dan koneksi internet, menyebabkan beberapa siswa terkendala mengikuti pembelajaran daring tersebut.

“Kayaknya siswa tidak semua aktif dalam pembelajaran dengan alasan tidak memiliki HP (handphone), jaringan yang kurang bagus, dan malas belajar,” tutur Lian, salah satu Guru SMK di Kabupaten Gorontalo.

Namun, Lian tetap bersemangat dan memastikan anak didiknya tetap mendapatkan materi pembelajaran dengan baik. Yakni dengan cara turun ke rumah siswa atau home visit untuk memberikan materi pembelajaran tambahan.

“Saya berusaha untuk menjelaskan kmbali materi yang sulit dipahami oleh siswa, kemudian bagi siswa yang tdk memiliki hp, jaringannya kurang bagus, dan malas akan dikunjungi langsung ke rumah siswa tersebut dan akan menanyakan kendala yang mereka hadapi dan menjelaskan kembali materi yang mereka tidam ikuti,” tandasnya.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Mega