Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

107 Napi di Pohuwato Dapat Remisi di HUT RI ke-75

Dulohupa.id – Sebanyak 107 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pohuwato mendapatkan remisi di hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8/2020).

Pemberian remisi ini, menurut Kepala Lapas Pohuwato, Irman Jaya, selalu diberikan kepada napi pada perayaan hari kemerdekaan. Tapi menurutnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi saat mendapatkan remisi tersebut.

“Di hari kemerdekaan ini, kami di Lapas Pohuwato memberikan remisi kepada 107 napi. Yang di antaranya terdiri dari 3 orang perempuan dan sisanya ialah laki-laki,” kata Kalapas Pohuwato, Irman Jaya, diwawancarai di Lapas Pohuwato setelah kegiatan penyerahan remisi secara virtual yang dilaksanakan secara bersamaan di seluruh provinsi di Indonesia.

Irman juga menuturkan, bahwa setiap napi yang berhak mendapatkan remisi di hari kemerdekaan, harus memenuhi beberapa syarat.

Narapidana di Lapas Pohuwato yang akan mendapatkan remisi, Senin (17/9/2020). Foto: Zulkifli Mangkau untuk Dulohupa.id

“Untuk mendapatkan remisi itu adalah hak terpidana, dan minimal sudah menjalani masa pidana 6 bulan sampai dengan tanggal 17 Agusutus, dan mendapatkan remisi 1 bulan, juga ada yang dapat remisi 2 bulan, atau sampai dengan 1-2 tahun,” ujarnya.

Katanya juga, remisi atau pengurangan masa tahanan yang diberikan kepada 107 napi itu bermacama-macam.

“Ada yang diberikan remisi satu bulan, dua bulan, tiga bahkan empat bulan,” ujar Irman melanjutkan.

Lanjutnya, untuk kapasitas Lapas Pohuwato sendiri dapat menampung 300 napi.

“Dan (hingga saat ini) baru dihuni oleh sekitar 169 napi, terdiri dari napi laki-laki dan perempuan,” tutupnya.

Reporter: Zulkifli Mangkau