Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEPERISTIWA

Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Limboto Terendam Banjir

136
×

Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Limboto Terendam Banjir

Sebarkan artikel ini
banjir-hunggalua-kayu bulan-limboto-dulohupa.id-
Dua kelurahan di Kecamatan Limboto terendam banjir akibat tanggul Sungai Bionga jebol.

Dulohupa.id – Ratusan rumah warga di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo terendam banjir pada Minggu (26/05/2024).

Kapolsek Limboto, IPTU Suprapto mengatakan, kejadian banjir diperkirakan terjadi pukul 18.10 wita. Banjir terjadi akibat jebolnya tanggul sungai Bionga, yang disertai intensitas hujan yang tinggi sejak siang tadi pukul 14.20 wita. Terdapat dua kelurahan di Kecamatan Limboto yang terendam, yaitu Kelurahan Kayubulan dan Kelurahan Hunggaluwa.

IPTU Suprapto juga menjelaskan bahwa di Kelurahan Kayu Bulan terdapat sekitar 98 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir.

“Pada pukul 18.10 (wita) luapan sungai Biyonga melampaui tanggul beton yang berlokasi di Kelurahan Kayubulan di lingkungan 2, dan pada pukul 18.30 (wita) sudah mulai menggenang rumah-rumah warga yang berada di lingkungan 2 dan 3,” ujar IPTU Suprapto.

Kata Kapolsek Limboto, bahwa di Kelurahan Kayu Bulan, lingkungan 4 terdapat pekerjaan perbaikan tanggul yang rusak 3 minggu yang lalu, dan sementara dilakukan pengerjaan perbaikan oleh Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo.

“Pada pukul 18.21 (wita) informasi dari masyarakat bahwa seluruh rumah warga di lingkungan 4 sudah terendam banjir. Rata-rata ketinggian air sekitar 20 sampai dengan 50 cm di masing masing lingkungan,” bebernya.

Banjir tidak hanya melanda rumah-rumah warga, namun kantor Kelurahan Kayubulan ikut terendam dengan ketinggian air setinggi tumit kaki.

banjir limboto
Anggota Polri dan TNI bantu warga bersihkan rumah yang terdampak banjir.

Saat ini banjir mulai surut, warga yang dibantu anggota Polri dan TNI serta pemerintah setempat mulai membersihkan rumah-rumah yang terendam banjir.

Air mulai berangsur surut, hingga pada pukul 21.37 wita sebagian warga sudah dapat menempati rumahnya masing-masing. Sementara kata Kapolsek Limboto bahwa Pemda Kabupaten Gorontalo telah membagikan makanan siap saji kepada warga yang terdampak banjir.

Reporter: Yayan