Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Tahun 2021, Tinjau Lokasi Wisata Pohuwato Cukup dengan Teknologi Ini

Dulohupa.id- Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar), Kabupaten Pohuwato, akan mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung ke Pohuwato di tengah pandemi COVID-19, dengan teknologi yang dapat mempermudah calon wisatawan untuk meninjau terlebih dahulu lokasi destinasi wisatanya.

Kata Kepala Dinas Disporapar, Arvan Tangio, bahwa teknologi yang dimaksud tersebut adalah teknologi yang mampu mendokumentasikan seluruh tempat destinasi wisata unggulan yang ada di Pohuwato, dengan metode video 360 derajat.

Melalui video 360 derajat itu, pihaknya berharap akan mempermudah masyarakat yang ingin mengunjungi wilayah Pohuwato ke tempat-tempat destinasi objek wisata unggulan.

“Dokumentasi objek wisata secara virtual ini sebenarnya mempermudah wisatawan untuk mengecek terlebih dahulu lokasi destinasi yang akan mereka kunjungi, juga sangat relevan dengan kondisi pandemi yang kita alami sekarang ini,” jelas Arvan.

Rencananya pelaksanaan dokumentasi tersebut akan dimulai pada tahun 2021 nanti, dan akan dilakukan di semua destinasi unggulan di Kabupaten Pohuwato.

“In sya Allah tahun anggaran 2021 nanti, kami akan membuat dokumentasi semua destinasi unggulan, juga fasilitas pendukung transportasi dan akomodasi dalam bentuk video 360 derajat,” kata Arvan kepada Dulohupa.id, Senin (9/11).

Meski begitu, kepada para pengelola destinasi wisata, Arvan berharap berkomitmen menerapkan protokol kesehatan. Apalagi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi seperti pantai pohon cinta.

“Kami berharap pengunjung dan penjual makanan di area objek wisata tetap mematuhi prokes,” harapnya.

Arvan menambahkan, ke depan Pemerintah Daerah Pohuwato telah menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terhadap penerapan disiplin pencegahan penyebaran COVID-19 berbasis kearifan lokal.

Yang kemudian, lanjut Arvan, Ranperda ini akan menjadi rujukan masyarakat yang berkunjung ke area destinasi wisata harus taat prokes.

“Ranperda akan jadi salah satu rujukannya, dan dengan Ranperda ini nanti kami akan mengimbau kepada pengunjung destinasi wisata di Pohuwato agar selalu mematuhi protokol kesehatan,” tutup Arvan.

*liputan untuk Program Fellowship Perubahan Perilaku Kolaborasi Dewan Pers dan Satgas Pencegahan COVD-19.
*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Zulkifli Mangkau