Paralayang jadi Ikon Destinasi Wisata Puncak Lelato di Pohuwato

oleh -28 Dilihat
Wisata Pohuwato
Atraksi paralayang meriahkan hari World Tourism Day (WTD) ke-42 di Kabupaten Pohuwato. (Foto/Kominfo Pohuwato)

Dulohupa.id – Destinasi wisata di Desa Lomuli, Kecamatan Lemito menjadi salah satu dari berbagai pilihan objek wisata yang ada di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo.

Wisata yang diberi nama puncak lelato itu memiliki ikon tersendiri yaitu berupa paralayang. Namun, saat ini pengunjung sendiri belum bisa ikut terbang bersama pilot paralayang tersebut, karena para pilot yang berasal dari desa setempat baru memiliki lisensi solo player.

Baru-baru ini dalam memperingati hari World Tourism Day (WTD) ke-42 di Kabupaten Pohuwato, dimeriahkan oleh penampilan atraksi dari pilot palarayang. Atraksi tersebut dilakukan oleh empat pilot diantaranya, yusuf Zakaria (24), Ismail Koyo (30), Mohamad Kasim (24), dan Utun Moha (22), yang merupakan warga desa wisata Lomuli.

Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga ditemui saat menyaksikan atraksi paralayang menyampaikan bahwa, potensi ini akan menjadi perhatian bagi Pemerintah Kabupaten Pohuwato untuk mengembangkan tempat wisata tersebut.

“Alhamdulillah, kita sudah punya pilot paralayang yang berasal dari Desa Lomuli ini. Ini suatu potensi yang hebat dan harus dikembangkan,”ungkapnya kepada media, Selasa (27/9/2022)

Selanjutnya kedepan kata Saipul, pihaknya akan berupaya membantu mengembangkan paralayang yang menjadi ikon Desa Wisata Lomuli dengan meningkatkan segi peralatan dan kapasiatas keahlian dari para pilot.

“Yang digunakan ini baru peralatan yang standar tapi diimpor dari Jerman dengan harga per unitnya Rp. 75 Juta, InsyaAllah kedepan akan dikembangkan lagi dengan peralatan yang lebih canggih,”ujarnya

Sementara itu, Kepala Desa Lomuli Abdul Kadir Yunus menjelaskan, paralayang tersebut dibuka sejak tahun 2021, dan setiap pilot telah memiliki lisensi solo player.

“Kami juga mendatangkan master dari Bandung untuk melatih mereka selama dua bulan, dan saat ini mereka memiliki lisensi pilot solo player,” tandasnya.

Reporter: Hendrik Gani