Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEKOTA GORONTALO

Lapas Kelas IIA Kota Gorontalo Didominasi Narapidana Narkoba

116
×

Lapas Kelas IIA Kota Gorontalo Didominasi Narapidana Narkoba

Sebarkan artikel ini
Narkoba Lapas Gorontalo
Kepala Divisi pemasyarakatan kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Bagus Kurniawan. Foto: Kris/Dulohupa.

Dulohupa.id – Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Gorontalo, Bagus Kurniawanmenyebut lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Kota Gorontalo didominasi oleh narapidana kasus narkoba.

Hal tersebut disampaikan saat dirinya mendatangi dan membuka pelaksanaan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh warga binaan, Jumat (20/10/2023).

Bagus Kurniawan mengatakan, banyak pelaku dalam kasus narkoba dari luar Gorontalo, sehingga lapas kelas IIA Kota Gorontalo mulai over kapasitas. Hal itu juga dikarenakan tidak adanya lapas narkoba di Gorontalo.

“Semakin banyaknya polisi melakukan penangkapan dan melakukan tindakan yuridis formal dan tidak melakukan rehabilitasi, maka narapidana dalam lapas akan semakin banyak. Sehingga hanya ada dua penindakan yaitu penegakan hukum dan rehabilitasi. Rehabilitasi ternyata harus dilakukan komponen yang menyeluruh, dari dinas kesehatan, dinas sosial, kepolisian dan lainnya,” Ungkap Bagus Kurniawan, Jumat (20/10/2023).

Lanjutnya, Bagus menilai bahwa pelaku narkoba yang bukan pengedar atau pencandu, harus direhabilitasi dan bukan dilakukan penegakan pidana.

“Kalau dia memang pecandu dan dipidana, kasihan dia didalam sini. Kita melakukan intervensi kesehatan dulu, menghilangkan kecanduannya jangan melakukan penindakan yuridis formalnya. Tapi kalau dia memang pengedar atau bandar, ya harus tetap ditindaki supaya tidak ada lagi pekerjaan seperti itu,” Pungkasnya.

Reporter: Kris