Festival Apang Colo Meriahkan Malam 10 Muharram di Desa Padengo, Gorontalo

oleh -138 Dilihat
10 Muharram
Beragam kue khas Gorontalo yang disajikan dalam momen 10 Muharram, (foto: Herman Abdullah/Dulohupa)

Dulohupa.id – Berbagai cara kegiatan dilakukan umat Islam untuk memeriahkan momen malam 10 Muharram yang jatuh pada 8 Agustus 2022. Seperti dilakukan masyarakat Desa Padengo, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo yang menggelar Festival Apang Colo.

Terpantau, di pelataran Masjid berderet enam meja yang masing-masing meja telah dihiasi dan dipenuhi beragam jenis kue khas Gorontalo, mulai dari apang colo, burasa, katrisolo dan cucur.

Malam penyambutan 10 Muharram ini disambut meriah oleh masyarakat dari berbagai desa. Ada juga pengendara yang melintas di jalan trans Sulawesi tengah singgah sejenak untuk mencicipi kue hidangan yang ada.

Kepala Desa Padengo, Nasir Puhi menyampaikan bahwa perayaan ini sudah dilangsungkan bersamaan dengan momen hari kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 nanti.

Perayaan festival ini kata Nasir berdasarkan inisiatif masyarakat desa yang kemudian diakomodir oleh Pemerintah Desa, mengingat kegiatannya positif dan bertepatan dengan momennya.

“Mereka Dasawismalah yang menciptakan yang mengusulkan ini. Mereka pun dalam pelaksanaannya mengenakan pakaian merah putih itu menandakan ada juga kaitannya dengan momen 17an,” ucap Nasir Puhi.

Muharram
Kepala Desa Padengo, Nasir Puhi saat mencicipi makanan non beras (Jagung). Foto/Herman Abdullah

Momentum seperti ini, Nasir Puhi berharap akan terlaksana setiap tahunnya. Sebab, tidak hanya perayaannya namun juga kekompakan masyarakat yang nantinya akan tumbuh kembang dengan sendirinya, karena sering melakukan kegiatan positif seperti ini.

“Kami dari Pemerintah Desa berharap ini akan terlaksana setiap tahunnya memasuki momen momen besar islam seperti ini,” ucap Kepala Desa, Nasir Puhi

Reporter: Herman Abdullah