Untuk Indonesia

Karena ini, Dinas Penanaman Modal Pohuwato Polisikan Indomaret

Dulohupa.id- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pohuwato melaporkan Indomaret ke Polres Pohuwato. 

Adapun dasar laporannya adalah karena oknum perusahaan tersebut diduga memalsukan dokumen serta cap dan tandatangan pejabat dinas tersebut.

Sebelumnya sebuah surat izin prinsip pendirian minimarket Indomarco Prismatama beredar di masyarakat. Izin prinsip pemanfaatan ruang pembangunan gedung ritel perusahaan yang menaungi Indomaret itu sesuai surat bernomor 66/DPM-ESDM/55/IX/2020, dikeluarkan di Pohuwato pada 26 September 2020. 

Dokumen surat itulah yang menurut dinas tersebut adalah surat palsu. Bahkan, paraf dan tandatangan dalam surat itu dianggap dipalsukan. 

“Yang kita laporkan, terkait izin prinsip yang tidak sesuai nomenklatur dinas kita, termasuk juga cap yang tidak sesuai dengan cap Dinas Penanaman Modal, dan juga alamat izin prinsip Kabupaten Pohuwato disitu hanya Kabupaten Boalemo,” ungkap Kepala Bidang (Kabit) Perizinan, Hasan Haluta saat ditemui di ruangan pelayanan terpadu Polres Pohuwato, Senin (29/11).

Baca Juga:  Warga Asal Donggala Hilang Saat mandi di Sungai Bolango

“Dan juga paraf saya,  paraf koordinasi itu bukan paraf saya dan itu dipalsukan,” sambungnya.

Disamping itu, Hasan Haluta juga menjelaskan, bahwa soal tanda tangan kepala dinas akan dilaporkan. “Terkait dengan tandatangan dan NIK, itu yang bersangkutan (Kepala Dinas) yang akan melaporkan kembali ke Polres Pohuwato,” tutupnya.

Sementara itu, Anggota Satreskrim Polres Pohuwato, Briptu Dymas Inaray menjelaskan, bahwa aduan tersebut sudah masuk di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

Baca Juga:  Satlantas Polres Pohuwato Rutin Gelar Razia Pelanggaran Lalu Lintas 

“Jadi laporan pengaduan sudah diterimakan di SPKT dan setelah itu anggota SPKT akan mengantar langsung laporan tersebut ke Kapolres, nanti beliau (Kapolres) setelah didisposisi maka laporan tersebut akan turun ke Kasat Reskrim, setelah didisposisi oleh Kasat Reskrim, maka Kasat Reskrim akan menyerahkan perkara tersebut ke unit mana yang akan menangani hal itu, sesuai dengan perkara yang ada, untuk diproses lebih lanjut,” ujar Briptu Dymas Inaray.

Comments are closed.