Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialEKONOMIKOTA GORONTALOPEMKOT GORONTALO

Wali Kota Gorontalo Ingatkan Pelaku UMKM Waspadai Pinjol Ilegal

39
×

Wali Kota Gorontalo Ingatkan Pelaku UMKM Waspadai Pinjol Ilegal

Sebarkan artikel ini
Pinjol Ilegal
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menghadiri kegiatan Training of Trainers (ToT) yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) SulutGo-Malut. Foto/Diskominfo

Dulohupa.id – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha ingatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) waspada adanya Pinjaman Online (Pinjol) ilegal. Hal itu ditekankan Marten pada kegiatan Training of Trainers (ToT) yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) SulutGo-Malut, Kamis (22/2/2024) di Banthayo Lo Yiladia.

Marten mengatakan, warga terpengaruh dengan Pinjol karena pinjamannya cepat, namun disisi lain bunga pinjamannya besar. Sehingga bisa menyengsarakan nasabah setelah menikmati Pinjol ilegal tersebut.

“Khususnya pelaku usaha dan warga tidak lagi mengajukan pinjaman online ilegal. Ada perbankan yang bisa membantu untuk mengembangankan usahanya,” ujar Marten.

Marten mengatakan, peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perlu ditingkatkan dalam membasmi Pinjol Ilegal. OJK juga dibentuk untuk mendukung upaya perluasan akses keuangan, peningkatan ekonoi serta pemerataan Kesejateraan Masyarakat.

Di Kota Gorontalos endiri, sudah terbentuk tim percepatan akses keuangan daerah (TPAKD) yang merupakan forum koordinasi antara instansi dan stakeholder untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

“Kita perlu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penggunaan produk dan jasa keuangan. Program-program yang disusun dapat membantu permodalan UMKM dan juga pedagang kaki lima atau usaha produktif lainnya, agar terhindar dari rentenir atau tengkulak atau terjerumus dalam Pinjol ilegal,” pintanya.

Adv