Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Pimpin Musrembang RKPD, Bupati Bahas Tantangan Daerah Akibat Covid-19

Dulohupa.id – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim pimpin rapat pada Musrembang Rencana Kebijakan Pendanaan Daerah (RKPD) tahun 2021 bersama Ka OPD serta Camat-camat melalui Video Conference terkait tantangan daerah akibat covid-19 . Senin, (20/4/20).

Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Bonebol Ishak Ntoma, Hamim menerangkan tantangan pembangunan daerah 2021 di tengah pandemi covid 19 yang melanda dunia.

“Akibat pandemik ini menjadi tantangan bagi pembangunan daerah, karena akan berdampak pada perlambartan pertumbuhan ekonomi daerah, meningkatnya jumlah penduduk miskin, menurunya jumlah kunjungan wisata, berkurngnya numlah dana transfer pusat ke daerah, meningkatnya angka pengangguran dan meningkatnya inflasi dan menurunya daya beli masyarakat”. Terang Hamim.

Dirinya juga menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mengatasi hal ini.

“Melakukan refocusing dan penajaman prioritas pembangunan daerah, memberikan stimulus dan pendampingan terhadap UMKM dan sektor rill lainya, merestrukturisasi APBD dengan memprioritaskan belanja pada sektor-sektor prioritas pembangunan daerah”. Ucap Hamim.

Lebih lanjut Hamim menjelaskan 5 prioritas pembangunan daerah di tahun 2021 yakni; peningkatan kualitas infrastruktur dan pembangunan desa, peningkatan kualitas kesehatan, peningkatan akses dan kualitas pendidikan, peningkatan nilai tambah pariwisata dan kualtias sanitasi dan lingkungan serta peningkatan produktifitas pertanian perikanan dan peternakan bersinergi dengan sektor hilir.

“Sementara lima sasaran daerah terdiri dari peningkatan SDM, Penciptaan lapangan kerja, penurunan kemiskinan, perbaikan layanan publik dan peningkatan PAD”. Tutupnya.(Adv/Erik)