Scroll Untuk Lanjut Membaca
PERSPEKTIF

Pilkada Sehat tanpa Money Politics

31
×

Pilkada Sehat tanpa Money Politics

Sebarkan artikel ini
Money Politics
Ilustrasi Stop Politik Uang/Ist

Masyarakat yang berada dalam kondisi ekonomi rendah seringkali dimanfaatkan sebagai objek eksploitasi dalam kepentingan politik oleh oknum politik dan partai.

Adapun dampak yang bisa ditimbulkan terhadap praktik money politics yakni terhambatya perubahan atau transformasi masyarakat. Proses perubahan atau transformasi suatu masyarakat menuju arah yang lebih positif akan mengalami kesulitan apabila sistem demokrasi selalu dikuasai oleh praktik politik uang. Tak hanya itu, potensi akan terjadinya korupsi juga bisa terjadi.

Dengan adanya praktik politik uang, biaya politik yang harus ditanggung oleh para kandidat saat pemilihan akan meningkat secara signifikan. Hal ini akan menjadi beban yang berat bagi para kandidat yang ikut serta dalam kontes pemilihan, dan ketika mereka terpilih dan menduduki jabatan, mereka akan terbebani oleh masalah individu terkait pengembalian modal politik yang telah dikeluarkan dengan secepat mungkin, jauh sebelum masa jabatan mereka berakhir.

Praktik money politics telah menjadi penyakit serius yang mengancam proses demokratisasi di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan untuk memberlakukan sanksi pidana hanya kepada pemberi money politics.

Dengan demikian, diharapkan bahwa masyarakat tidak akan takut lagi untuk melaporkan praktik money politics yang dilakukan oleh calon legislatif maupun partai politik, sehingga dapat memutus mata rantai hubungan saling menguntungkan yang terjadi. Jika kebijakan ini diterapkan, ada harapan bahwa praktik money politics akan berkurang secara signifikan karena para pelaku akan berpikir dua kali sebelum melakukan tindakan tersebut, mengingat mereka dapat dilaporkan oleh pihak yang menerima uang tersebut.