Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Pemprov Gorontalo Berencana Buat Rusun untuk Warga Korban Banjir

Dulohupa.id – Dalam dua bulan ini, bencana banjir tidak juga selesai. Setiap hujan deras, banjir pasti terjadi. Yang menjadi korban, tentu masyarakat yang bermukim di bantaran sungai Bone. Sebab, setiap banjir terjadi, rumah mereka terendam. Belum lagi kerusakan barang dan perabotan lainnya. Makanya itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo, berencana membuatkan rumah susun untuk para korban banjir.

”Jadi pemprov akan coba siapkan lahan, juga kita akan bermohon pada pemerintah pusat lewat Kementerian PUPR dan Bappenas untuk membangun rumah susun bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai,” kata Rusli ditemui di rumah dinas gubernur, Jumat (31/7/2020).

Selain itu katanya, “Menteri Bappenas kemarin, beliau mintakan lokasi barunya di mana, kita akan ajak masyarakat yang punya rumah di bantaran sungai akan coba kita pindahkan. Kemarin juga saya ketemu BNPB untuk segera mengajukan proposal pengajuan bantuan untuk perbaikan infrastruktur yang rusak bencana alam tadi,” urai Rusli.

Meski begitu, sebelum nanti tindakan pembangunan untuk relokasi warga, terlebih dahulu Pemprov Gorontalo, akan melakukan tindakan penanganan bagian hulu dan hilir.

Namun, Rusli mengingatkan, agar masyarakat tidak ada lagi melakukan pengrusakan alam seperti hutan yang bisa berakibat buruk untuk masyarakat.

”Jangan merusak alam, semisal merusak hutan, hutannya dibakar, ada penambang-penambang liar, ini harus kita jaga,” pungkas Rusli.**(ber/ProvG)