Untuk Indonesia

Pemkab Pohuwato Simpan 27 Ton Cadangan Beras

Dulohupa.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato menyimpan 27 ton cadangan beras. Puluhan ton beras tersebut kata Kepala Dinas Pangan Pohuwato, Refli Basir, sebagai cadangan pangan kabupaten jika sewaktu-waktu menghadapi bencana, atau dalam kondisi darurat pangan. Apalagi, mengingat sekarang dalam kondisi pandemi.

“Saat ini kita punya cadangan beras di gudang sebanyak 27 ton 750 kg atau jika diakumulasi sebanyak 27,75 ton,” kata Refli Basir, kepada Dulohupa.id, Rabu (3/2).

Kata Refli, jika sewaktu-waktu terjadi kondisi rawan pangan kronis atau ada satu wilayah di Pohuwato yang mengalami krisis pangan yang berbuntut pada terjadinya gizi buruk, maka cadangan inilah yang nanti akan disalurkan.

“Cadangan beras ini kami kategorikan sebagai cadangan pangan, akan kami keluarkan ketika situasi seperti terjadi bencana, krisis pangan, dan situasi darurat pangan terjadi,” ujarnya.

Selain itu, candangan ini untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga beras di toko dan pasar. Untuk menjamin mutu beras selalu terjaga, pihaknya selalu mengecek beras yang berada di gudang tersebut dan mengontrolnya secara berkala.

Reporter: Zulkifli Mangkau

Comments are closed.