Scroll Untuk Lanjut Membaca
GORONTALOHEADLINEPEMPROV GORONTALO

Pemerintah Umumkan UMP Gorontalo 2024 Naik 1,19 Persen

149
×

Pemerintah Umumkan UMP Gorontalo 2024 Naik 1,19 Persen

Sebarkan artikel ini
UMP di Gorontalo
Sidang pleno penetapan UMP Gorontalo 2024 oleh dewan pengupahan Provinsi Gorontalo. Foto: Kris/Dulohupa

“Rata rata kenaikan UMP Sulawesi di angka 1-2 persen. Provinsi Sultra yang paling besar kenaikannya 5,09 persen namun nilainya “hanya” Rp2.899.472,” beber Ketua Dewan Pengupahan Provinsi Gorontalo itu.

Baca Juga:

FSPMI Gorontalo Kawal Sidang Pleno Penetapan UMP

Momen Haru, Bocah SD di Pohuwato Temui Ibunya dalam Penjara

Selanjutnya SK Gubernur Gorontalo tentang UMP ini akan berlaku mulai 1 Januari 2024 bagi pekerja dengan masa kerja kurang dari satu tahun. Pekerja lebih dari satu tahun diharapkan bisa dibayarkan lebih dari UMP dengan menggunakan Struktur Skala Upah.

Sebelumnya Dewan pengupahan Provinsi Gorontalo mengusulkan setidaknya rekomendasi upah minimum Provinsi (UMP) Gorontalo tahun 2024 mendatang.

Sidang pleno yang dilaksanakan oleh dewan pengupahan berlangsung dengan penuh dinamika. Dewan pengupahan yang melaksanakan sidang pleno penetapan UMP Gorontalo 2024 setidaknya terdiri dari unsur akademisi, serikat buruh, pengusaha, serta unsur pemerintah.

“Memang terjadi dinamika yang alot dalam pengsulannya, karena untuk penetapan UMP kali ini menggunakan peraturan pemerintah nomor 51 tahun 2023 tentang pengupahan. Sehingga formula yang digunakan dalam perhitungan itu memperhatikan indikator pertumbuhan ekonomi daerah, inflasi dan juga variabel lain,” Ungkap Kadis Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo, Wardoyo Mansur Pongoliu.

banner