Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Melihat Semangat Anak Muda Lemito, Membangun Desa Melalui Komunitas Lorong Literasi

Dulohupa.id – Kumpulan anak muda asal Lemito, Pohuwato, membangun desanya dengan membentuk sebuah komunitas literasi.

Komunitas itu mereka namakan ‘Lorong Literasi’, sebagai upaya membangun masyarakat desa yang sadar akan literasi.

Ryfan Abdjul, selaku koordinator dan penggagas Lorong Literasi menyampaikan, tujuan dibentuknya komunitas ini untuk membangkitkan semangat literasi; membaca, menulis berdiskusi dari lorong-lorong pedesaan.

“Gerakan ini merupakan langkah awal, dari target jangka panjang komunitas untuk melahirkan satu desa yang akan menjadi desa percontohan dengan semangat literasi yang tinggi di Pohuwato, bahkan untuk skala lebih luas lagi, di tingkat Nasional,” ungkap Ryfan dalam acara peresmian Lorong Literasi, Kecamatan Lemito, Kabupaten Pohuwato, Selasa (4/08/2020).

Kata Ryfan juga, semangat membangun sebuah komunitas literasi ini berangkat dari posisi Indonesia yang sangat memperihatinkan dalam hal minat baca, maka dari itu, perlu membangun dan mengampanyekan gerakan literasi mulai dari desa yang lebih masif lagi.

“Kami sangat bersyukur, meski ini awal dari gerakan literasi di Lemito, respons dari masyarakat terutama Cappas Lemito sungguh luar biasa. Bahkan tadi banyak anak-anak yang berkumpul di sini,” ucap Ryfan.

Ia juga menambahkan, semoga dengan aktifnya gerakan literasi di Lemito, dapat  melahirkan generasi-generasi melek literasi, dan juga menjadi salah satu kampung percontohan literasi.

“Harapannya, gerakan literasi ini akan terus terawat, dan masyarakat mulai sadar betapa pentingnya itu literasi,” imbuh Ryfan.(Zul)