Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialNASIONALPEMPROV GORONTALO

Lepas Ekspor Jagung Gorontalo ke Filipina, Mentan Harap Petani Sejahtera

82
×

Lepas Ekspor Jagung Gorontalo ke Filipina, Mentan Harap Petani Sejahtera

Sebarkan artikel ini
Ekspor Jagung
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat menghadiri pelepasan ekspor jagung dri Gorontalo menuju Filipina. Foto/Kementan

“Dulu kita swasembada 3 kali dan yang melakukan ini kita semua. Tetapi tahun ini harus kita tingkatkan menjadi lumbung pangan dinia karena itu berbagai program yang ada ini perlu disempurnakan,” katanya.

Pj Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin mengaku bersyukur atas kerja keras petani dan juga dukungan langsung jajaran Kementan yang terus berupaya meningkatkan produksi jagung di wilayah kerjanya. Dia mengatakan, saat ini produksi di Gorontalo meningkat 52,8 persen sehingga siap berkontribusi pada kebutuhan nasional.

Diketahui, target luas tanam jagung di Provinsi Gorontalo mencapai 356 ribu hektare dengan produksi jagung mencapai 1,5 juta ton atau meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 1 juta ton. Dengan kondisi tersebut, Provinsi Gorontalo siap berkontribusi memenuhi kebutuhan nasional.

“Alhamdulillah saat ini ada kapal yang akan mengirim jagung sebanyak 10 ribu ton dari gorontalo ke jakarta dari total pengiriman antar pulau sebanyak 264 ribu ton periode januari-mei 2024 ini. Kami juga telah melepas ekspor 50.000 ton atau senilai 209 miliar terdiri dari beberapa perusahaan,” katanya.

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel yang turut hadir pada kegiatan ini mendukung penuh upaya pemerintah baik pusat maupun daerah dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri terutama dari sisi produksi di wilayah Gorontalo. Bagi Rachmat, kegiatan ekspor adalah bukti bahwa Gorontalo merupakan wilayah subur yang terus memberi kontribusi positif bagi kemajuan Indonesia.

“Kegiatan ini telah memberi cahaya bagi masyarakat Gorontalo bahwa kebangkitan daerah ini dari yang tadinya merupakan daerah miskin ke 5 menjadi daerah yang makmur. Insyaallah ke depan tambah makmur berkat kehadiran Pak Menteri dan Pak Gubernur,” katanya.