Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Cegah Bencana Alam, Polda Gorontalo Tanam 7.000 Bibit Pohon di Gorontalo

Dulohupa.id – Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo tanam 1.500 pohon mangrove di pesisir pantai Desa Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Jumat (10/1/2020).

Penanaman tersebut melibatkan semua aparat Kepolisian, Bhayangkari, TNI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo, serta Masyarakat dan siswa di Boalemo.

Wakapolda Gorontalo Kombes Pol Jaya Subriyanto mengatakan, penahanan pohon mangrove ini adalah kegiatan serentak yang lakukan Polri seluruh Indonesia, yang tujuannya untuk menyelamatkan bumi dari kekeringan, banjir, longsor maupun bencana alam lainnya yang di akibatkan perambahan hutan.

Wakapolda juga mengatakan, Kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya di laksanakan di Kabupaten Boalemo, tetapi dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo. Sebanyak 7.000 bibit pohon ditanam di lokasi hutan yang mulai mengalami kerusakan.

“ Tujuannya untuk menjaga banjir dan longsor serta kekurangan air jika musim kemarau. Penanaman pohon ini serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia termasuk di wilayah Provinsi Gorontalo. Khusus di Kabupaten Boalemo ada sebanyak 1.500 bibit mangrove yang kita tanam. Di kabupaten lainya dilaksanakan oleh masing-masing polres. Jika ditotal ada sebanyak 7.000 bibit pohon sudah di tanam di wilayah Provinsi Gorontalo.” Jelas Kombes Pol Jaya Subriyanto

Dengan gerakan ini, Wakapolda Gorontalo Kombes Pol Jaya Subriyanto mengajak masyarakat untuk membangun kesadaran dalam menjaga lingkungan.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Boalemo, Anas Jusuf dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polda Gorontalo karena telah melaksanakan kegiatan yang bermanfaat di kabupaten Boalemo. Menurut Anas, kegiatan penanaman pohon ini memiliki nilai edukasi terhadap masyarakat Boalemo, agar tetap menjaga lingkungan.

“ Kegiatan hari ini sangat bermanfaat sekali, karena melihat kerusakan hutan di Boalemo, maka kegiatan Polda Gorontalo peduli penghijauan ini sangat bermanfaat bagi lingkungan di Kabupaten Boalemo.” Kata Anas (Kibong)